Lintas Daerah

Banyuwangi Segera Miliki Pabrik Kereta Api

BANYUWANGI, SENAYANPOST.com – Banyuwangi dalam waktu dekat bakal memiliki pabrik kereta oleh PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) yang akan dibangun tahun ini. Kedua belah pihak antara PT INKA dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah bertemu mengenai rencana itu.

“Kita datang kesini dalam kaitannya PT INKA untuk segera merealisasikan pembangunan pabrik INKA 2 di Banyuwangi, jadi pabrik pertama ada di Madiun. Dan saya meminta doa restunya dari Bapak Bupati Anas, kita bisa ground breaking di Bulan Agustus,” terang Finance dan HRM Director PT INKA, Mohamad Nur Sodiq, Senin (7/5/2018).

PT INKA di Banyuwangi, kata Sodiq, akan berdiri di tanah milih PTPN XII di daerah Kecamatan Kalipuro seluas 72 Hektar.

“Sesuai dengan kemauan dari Pemerintah Banyuwangi, nantinya pabrik kami akan dibangun dengan konsep hijau tentunya dengan arsitektur menyangkut kearifan lokal di sini,” jelasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pembangunan pabrik kereta di daerahnya harus menggunakan desain dan tata ruang di sesuaikam dengan muatan lokal. Seperti desain rumah osing maupun desain seni budaya milik daerah ini.

“Karena saya punya pengalaman dari beberapa ijin yang kami keluarkan seperti pembangunan pabrik gula ternyata tidak satupun yang menggunakan desain rumah osing atu rumah Banyuwangi. Padahal saya sudah titip dari awal, maka ini akan kita detailkan,” jelas Anas.

Anas juga menegaskan tidak akan segan tidak memberikan persetujuan pembangunan pabrik kereta jika permintaan itu tak sesuai dengan kesepakatan.

Dalam klausul perjanjian, pemerintah daerah menyelipkan persetujuan desain itu lantaran ingin melihat pabrik PT INKA di Banyuwangi nantinya menjadi ‘Green Industry’.

“Karena ini penting, karena saya ingin industri ini menjadi green industry. Dan ini saya kira cocok, dari 72 Hektar yang dipakai hanya 20 Hektar. Nantinya pabrik ini akan terasa beda karena akan terlihat hijau dengan banyak pepohonan di dalamnya,” pungkasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close