Metropolitan

Banyak Pelanggaran, Pemprov DKI Tetap Lanjutkan 32 Titik Pengganti CFD

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kegiatan bersepeda di 32 titik yang disediakan di lima wilayah DKI Jakarta pada Minggu (5/7/2020) tetap dilanjutkan meskipun banyak pelanggaran. Warga Jakarta butuh ruang berolahraga karena ketidaktersediaan lahan di pemukimannya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pengganti Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Sudirman -Thamrin itu memang 32 titik yang tersebar di lima wilayah kota administrasi Jakarta. Namun namanya bukan CFD, melainkan kawasan pesepeda.

“Masalah utama CFD itu begitu banyak orang berkerumun jalan kaki dengan jarak dekat. Maka kita dorong pakai sepeda, karena sepeda pasti berjarak,” kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Selain itu, kata Anies masyarakat Jakarta sudah ingin berolahraga karena sebagian rumah atau permukimannya tidak ada ruang berolahraga. Untuk itu, pihaknya menyediakan 32 titik khusus pesepeda di lima wilayah. “Minggu depan akan diteruskan itu,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, pelaksanaan HBKB di 32 titik pada akhir pekan lalu sebenarnya bertujuan untuk memberikan ruang aktivitas untuk olahraga kepada masyarakat dan menghindari penumpukan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Namun, kata Widyastuti, sangat disayangkan masih banyak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 berupa menggunakan masker, tidak menjaga jarak dan membawa balita. “Catatanya HBKB di32 titik masih banyak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/6/2020).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close