Politik

Banyak Daerah Zona Merah, DPD: Kaji Ulang Pilkada 9 Desember

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kesimpulan rapat kerja antara Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP yang menyepakati Pilkada serentak akan digelar pada 9 Desember 2020, perlu dikaji kembali.

Demikian disampaikan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti setelah mengamati masih banyak daerah yang zona merah covid-19. Apalagi, Kemenkes dan gugus tugas dari BNPB belum pernah menyatakan wabah ini berakhir.

‚ÄúSampai hari ini masih banyak daerah, baik provinsi maupun kota kabupaten yang masih dalam zona merah,” tegas LaNyalla dapam ketrangan tertulisnya, Kamis (28/5/2020).

Ia menambahkan, bahkan kurvanya belum menurun. Malah di sebagian daerah menunjukkan trend naik. Itu dari sisi wabah sendiri. Belum dari sisi kualitas pilkada jika digelar dalam situasi pandemi belum dinyatakan berakhir, maka penting dikaji secara mendalam.

LaNyalla menyontohkan Jawa Timur, Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, menyatakan khawatir Kota Surabaya bisa menjadi seperti Kota Wuhan, Cina. Karena penyebaran di Surabaya sangat cepat.

Dan 65 persen angka kasus Covid-19 di Jawa Timur disumbang dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Sementara Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akan menggelar Pilkada.

Menurut LaNyalla, negara ini tidak terancam bubar hanya karena pilkada ditunda. Sebab, sudah ada mekanisme jika masa jabatan kepala daerah berakhir, bisa ditunjuk pelaksana tugas untuk menjalankan pemerintahan daerah.

“Justru republik ini akan semakin menderita, jika wabah ini tidak segera berakhir. Semua akan terganggu. Sehingga sebaiknya pemerintah fokus menangani wabah dan dampaknya bagi masyarakat,” ujarnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close