Lintas Daerah

Bantu Petani, Bupati Lamongan Gropyok Tikus Sawah

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Jeritan petani Lamongan akan mewabahnya tikus langsung direspon oleh Pemkab Lamongan. Bupati Lamongan Fadeli bersama Forkopimda ikut membinasakan tikus di lahan petani Dusun Sempu Desa Kebet Kecamatan Lamongan, Selasa (7/7/2020).

Gropyok tikus atau bahasa kerennya pengendalian hama tikus, seperti disampaikan oleh Fadeli bupati Lamongan, sebagai langkah untuk meminimalisir kerusakan pada tanaman padi.

“Kalau memusnahkan hingga kembali tidak ada tikus tidak bisa, tapi setidaknya yang kita lakukan ini mengurangi resiko gagal panen karena serbuhan hama tikus,” kata Bupati Lamongan Fadeli.

Menurut Bupati Fadeli gerakan yang ia lakukan bersama dengan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini, hanyalah mengendalikan dengan cara memberikan obat pembasmi tikus, dan pada proses aplikasi Rodentisida.

Sebelumnya, tanaman padi yang sudah terancam gagal panen itu, terjadi hampir merata di Desa-desa. Tak terkecuali di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Lamongan.

“Hama tikus yang menyerang padi ini merusak seluruh tanaman padi sejak beberapa bulan terakhir,” kata Sudar, warga setempat.

Karena digasak tikus, lanjutnya, tanaman yang menjadi andalan keluarga ini, kini rusak bahkan bisa saja akan gagal panen. “Karena tikus – tikus itu merusak dari pangkal tanaman padi,” katanya.

Dilanjutkan Sudar, serangan hama tikus ini terjadi ketika petani baru masuk musim tanam. Hama itu menyerang batang padi sehingga tumbuh tidak sempurna dan tidak bisa berbuah.

“Tanaman padi yang sebetulnya siap panen ini rusak akibat diserang hama tikus sejak mulai musim tanam hingga 3 bulan terakhir ketika kami mau panen,” terangnya.

Sebenarnya, lanjut Sudar, para petani sudah berusaha maksimal untuk mengusir hama tikus ini, termasuk dengan cara pengobatan. Hanya, usaha itu tidak menghasilkan, sehingga tikus tetap merajalela.

Akibat gagal panen akibat serangan hama tikus ini, mengalami kerugian jutaan rupiah. “Ya jelas merugi mas. Padahal kami sudah maksimal untuk memberantas hama tikus ini dengan berbagai cara tapi tetap gagal,” ujarnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close