Lintas Daerah

Bantu Pemasaran UMKM, Sleman Mart Layani Penjualan Sembako Online

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Membantu pemasaran kalangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), toko online yang dikelola Ikatan Pengrajin Sleman, Sleman Mart, membuka layanan penjualan berbagai produk termasuk sembako melalui layanan online di www.slemanmart.id maupun melalui aplikasi WhatsApp.

Manajemen Sleman Mart Endah Wening Budiningrum, Jumat (10/4/2020) menjelaskan, warga banyak yang membeli produk sembako. “Layanan ini diikuti dengan antaran,” katanya.

Ia mengatakan, sebagian besar konsumen memanfaatkan layanan ini untuk membeli bahan kebutuhan pokok semisal sayuran dan buah segar.
Ada pula pesanan beras dan bumbu dapur. Pada umumnya para konsumen merasa terbantu lantaran tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan kebutuhan pokok.

Konsumennya pun tersebar dari sekitar kompleks Pemda Sleman hingga warga yang berada di luar wilayah Kecamatan Sleman.

Produk-produk yang disediakan juga tak hanya sembako, tapi ada juga produk-produk Alat Perlindungan Diri (APD), masker dan hand sanitizer yang diproduksi oleh 43 UMKM di Sleman.

Namun pengelola Sleman Mart tak menampik jika awal dibukanya layanan pesan antar sembako ini masih ada kekurangan terutama pada masalah pengantaran produk dan layanan komunikasi pelanggan.

Ini terjadi karena banyaknya pesanan yang masuk melebihi yang diperkirakan sebelumnya.

“Kami sudah melaksanakan evaluasi dan tentunya akan ada perbaikan ke depannya,” kata Endah Wening Budiningrum.

Ia menambahkan bahwa ke depannya, akan ada penambahan produk-produk kebutuhan harian lainnya untuk memenuhi permintaan pasar. Selain itu, langkah ini juga dilakukan membantu para pelaku UMKM di Sleman agar tetap bisa bertahan di tengah situasi wabah Virus Corona sekarang ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo mengatakan optimalisasi toko online ini perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dan memberikan rasa aman terhadap masyarakat. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk memberikan peluang kesinambungan pasar UKM di Sleman.

“Di sini tersedia produk-produk lainnya semisal aksesoris, produk fesyen, produk dekorasi rumah, aneka macam snack, produk pertanian dan produk lainnya yang dibuat oleh para pelaku usaha di Sleman,” kata Pustopo. (AS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close