Ekonomi

Bank Wakaf Mikro Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hadirnya program Bank Wakaf Mikro (BWM) bertujuan untuk memperluas akses keuangan bagi masyarakat.

Adapun mekanisme BWM sendiri yakni, pemerintah menyalurkannya melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mendorong pengembangan dan pemberdayaan UMKM dan ultra mikro dengan pembentukan Bank Wakaf Mikro di berbagai daerah.

“Ini untuk memperluas akses keuangan masyarakat,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rosarita Niken Widiastuti, pada Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk ‘Bank Wakaf Mikro untuk Masyarakat’ di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Dengan semakin luasnya akses keuangan, lanjut Niken, maka program BWM ini tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

Disebutkan Niken bahwa mengentaskan kemiskinan memang merupakan salah satu fokus utama pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla.

“Pemerintah sejak tiga tahun terakhir telah bekerja keras mengurangi kemiskinan. Kita bersyukur angka kemiskinan sudah menurun. Misalnya saja pada tahun 2015, angka kemiskinan ada pada 11,1 persen. Sedangkan pada tahun 2017 menurun jadi 10,12 persen,” jelasnya.

Menurunnya angka kemiskinan tersebut, lanjut Niken, sejalan dengan menurunnya angka kesenjangan di Indonesia. Kerja keras Pemerintah juga bisa menurunkan kesenjangan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close