Tak Berkategori

Bank Mandiri dan Bea Cukai Luncurkan Sistem Integrasi Pembayaran Kepabeanan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Bea Cukai meluncurkan integrasi sistem pembayaran kepabeanan dan cukai dengan perbankan.

Melalui layanan ini, mitra Bea Cukai yang telah menggunakan layanan Mandiri Cash Management akan dapat mengecek status dan membayar billing kepabeanan dan cukai secara cepat hanya dengan menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

SVP Government and Institutional Bank Mandiri Persero Dadang Ramadhan, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/11/2019) mengatakan, sinergi yang telah terjalin sejalan dengan inovasi yang dilakukan oleh Bea Cukai, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Misalnya, menjadi mitra solusi layanan perbankan untuk transaksi pembayaran penerimaan negara dalam rangka kepabeanan dan cukai secara elektronik.

“Kami akan mendukung Bea Cukai dalam memberikan berbagai kebutuhan perbankan bagi Bea Cukai serta memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Dadang mencatat pada Januari-September 2019, penerimaan negara melalui Bank Mandiri tercatat sebesar Rp 285 triliun. Sekitar Rp 64 triliun di antaranya merupakan penerimaan bea dan cukai.

“Sebanyak 53 persen dari penerimaan bea cukai di Mandiri itu dilakukan melalui channel MCM. Kami berharap, kerja sama ini dapat semakin meningkatkan pemanfaatan MCM,” ucapnya.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Agus Sudarmadi menambahkan kerja sama ini merupakan bentuk nyata kolaborasi pemanfaatan teknologi dan informasi pada era digital untuk memudahkan mitra Bea Cukai.

“Era digital yang serba cepat ini, kolaborasi adalah salah satu kata kuncinya, konektivitas digital yang seamless dari end-to-end tanpa ada intervensi proses manual adalah cita-cita dari semua pihak baik dari sektor swasta dan sektor pemerintah,” ucapnya.

Menurutnya, pendekatan kolaborasi dapat memastikan integrasi antarsektor dapat terjalin tanpa mematikan atau menghilangkan sistem yang sudah ada pada masing masing sektor. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close