Banjir Terjang Dua Kecamatan di Lebak

Banjir Terjang Dua Kecamatan di Lebak
Ilustrasi

LEBAK, SENAYANPOST.com - Sebanyak 614 rumah warga di Kecamatan Rangkasbitung, dan Cibadak, Kabupaten Lebak, terendam banjir, pada Selasa (14 /9/2021). Banjir yang menerjang dua kecamatan tersebut disebabkan drainase yang buruk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupeten Lebak, melaporkan, banjir yang terjadi ini akibat hujan deras selama lebih kurang 4 jam di wilayah Kecamatan Rangkasbitung dan sekitarnya, sejak Senin malam sekira pukul 20.30 WIB hingga Selasa (14/9/2020) dini hari.

Kondisi ini diperparah sistem drainase permukiman yang tidak mampu menampung aliran air sehingga menyebabkan banjir ketinggian air mencapai 50 hingga 70 sentimeter.

Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, banjir terjadi di Kampung Barangbang, Komplek pendidikan, dan BTN Palaton Kelurahan Muara Ciujung Timur.

Wilayah lainnya yang terendam adalah Kampung Cimesir Desa Rangkasbitung Timur, Kampung Dukuh dan Kampung Sentral Kelurahan Rangkasbitung Barat.

Kemudian Kampung Babakan Sepur dan Anyar Desa Jatimulya, Kampung Neglasari dan Rancasema Desa Kaduagung Timur, Kampung Pasir kaloncing dan BTN Mandala desa Kaduagung Tengah dan Kampung Rancasema, Desa Kaduagung Timur.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Lebak mengatakan, sebanyak 614 rumah terendam, 62 jiwa mengungsi di Musala At-Taubah Kampung Barangbang.

"Upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Lebak melakukan evakuasi warga untuk mengungsi, menurunkan 2 Perahu fiber dan melakukan pendistribusian logistik kedaruratan. Kondisi saat ini air masih menggenang rumah warga," tutur Febby Rizki Pratama.