Lintas Daerah

Banjir Rendam Kapuas Hulu Kalbar, Akses Jalan Terputus

KAPUAS HULU, SENAYANPOST.com – Banjir mengakibatkan ruas jalan nasional di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat putus. Akibatnya, aktivitas transportasi darat di wilayah itu terancam lumpuh.

Akses jalan yang terputus tepatnya berada di antara Kecamatan Kalis menuju Kota Putussibau. Saat ini jalan tersebut sudah tak bisa dilewati kendaraan.

“Kendaraan roda dua dan roda empat sudah tidak bisa lewat, kecuali kendaraan yang tinggi, itu pun ekstra hati-hati karena ruas jalan yang terendam cukup panjang,” kata Ketua Tim Reaksi Cepat Pramuka Kapuas Hulu, Aliyanto, seperti dilansir Antara, Minggu (12/7/2020).


Kondisi banjir di ruas jalan nasional itu disebutnya masih terus naik. Dikhawatirkan aktivitas transportasi darat lumpuh total apabila ketinggian banjir terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, mengatakan ruas jalan nasional di Kecamatan Kalis menuju Putussibau yang terendam banjir sekitar 2 kilometer. Tim gabungan akan terjun ke lokasi jika banjir belum surut.

“Kalau belum surut, rencana besok kita BPBD bersama tim gabungan TNI, Polri, serta yang lain akan turun lagi ke ruas jalan Kalis Putussibau,” ucap Gunawan.

Saat ini banjir di Kapuas Hulu sudah melanda sejumlah kecamatan, di antaranya Kecamatan Bunut Hulu, Bika, Kalis, Silat Hulu, Embaloh Hilir, Seberuang, Boyan Tanjung dan Bunut Hilir. Ketinggian air di sejumlah kecamatan itu bervariasi.

“Dari sejumlah kecamatan itu memang ada yang mulai surut dan ada juga kondisi air semakin naik, namun hingga saat ini kami masih monitor,” kata Gunawan.

Terkait kondisi banjir di jalan tersebut, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kapuas Hulu, Yunus, mengatakan pihaknya berusaha membantu para pengendara yang melintasi ruas jalan yang terendam banjir. Warga berusaha menyeberangi ruas jalan itu dengan perahu.

“Ada juga warga yang membawa sepeda motor menggunakan perahu di jalan yang terendam banjir. Hingga sore tadi kami membantu warga di lokasi banjir,” ucap Yunus. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close