Banjir Rendam 7 Kecamatan, Ribuan Jiwa Warga Cilacap Mengungsi

Banjir Rendam 7 Kecamatan, Ribuan Jiwa Warga Cilacap Mengungsi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hujan deras yang terjadi di Jawa Tengah bagian barat selatan membuat tujuh kecematan di wilayah Kabupaten Cilacap terendam banjir.

Ketujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kroya dan Sampang di Cilacap Timur, serta Kecamatan Bantarsari, Gandrungmangu, Sidareja, Wanareja, dan Cimanggu di wilayah Cilacap Barat.

Selain banjir, hujan ekstrem pada Selasa dinihari juga memicu bencana longsor di lima desa di dua kecamatan. 

Kelima desa tersebut yakni, Desa Panimbang, Bantarpanjang, Bantarmangu, dan Desa Mandala di Kecamatan Cimanggu, serta Desa Gunungtelu, di Kecamatan Karangpucung.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Meski begitu, diperkirakan kerugian akibat banjir dan longsor di Cilacap mencapai miliaran rupiah.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy, Selasa (17/11/2020), sekitar 5.700 keluarga yang terdampak banjir.

Ia menambahkan, BPBD belum mendata keseluruhan jumlah pengungsi. Saat ini petugas dan relawan masih terus mengevakuasi korban banjir di Cilacap. Namun, diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan orang.

Dia pun menjelaskan, di wilayah Cilacap timur, ada penambahan desa terdampak banjir dari hari sebelumnya yang hanya empat desa. Kini, desa yang terdampak banjir di Kecamatan Kroya saja mencapai enam desa.

“Ditambah satu desa di Kecamatan Sampang,” ujarnya.

Petugas BPBD dan relawan gabungan juga telah menyiapkan pengungsian. Selain itu, distribusi logistik berupa makanan juga sudah disalurkan untuk pengungsi dan warga yang terdampak banjir di Cilacap. (Jo)