Banjir Pesanan, Stok Emas Antam Menipis

Banjir Pesanan, Stok Emas Antam Menipis
Emas Antam

JAKARTA, SENAYANPOST.com - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyebutkan tingkat permintaan emas Logam Mulia mengalami peningkatan sehingga membuat ketersediaan pasokannya juga menipis.

Peningkatan permintaan terjadi terutama karena tren harga yang saat ini sudah mulai terkoreksi. SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko mengatakan konsumen melihat komoditas emas sebagai instrumen investasi sekaligus alat lindung nilai atau safe haven. Permintaan emas diperkirakan akan terus mengalami permintaan di masa mendatang.

"Terbatasnya stock Logam Mulia Antam terjadi karena tingginya animo masyarakat dalam investasi emas terutama ketika harga terkoreksi seperti saat ini," kata Kunto.

Tingkat permintaan terutama sangat tinggi pada logam mulia pecahan 5 gram dan gram di bawahnya, membuat ketersediaan barang cukup ketat.

Berdasarkan situs logammulia.com, di beberapa gerai Logam Mulia persediaan terlihat mulai menipis. Misalnya di gerai di Gedung Antam hanya tersedia emas dengan pecahan 0,5 gram, 1- gram dan 100 gram.

Sedangkan untuk pecahan 2 gram-5 gram, 25 gram dan 50 gram, serta 250 gram-1000 gram tak lagi tersedia.

Begitu juga dengan gerai di Bandung, emas batangan dengan pecahan 0,5 gram, 1 gram, 25 gram dan 50 gram sudah tak tersedia. Begitu juga dengan pecahan 250 gram-1000 gram juga tak bisa belum tersedia untuk saat ini.

Kondisi yang sama juga terjadi di gerai-gerai logam mulia lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kunto memaparkan, peningkatan permintaan emas batangan ini telah mendorong kinerja penjualan emas Antam sepanjang kuartal III-2020 saja melonjak 147% dibandingkan capaian penjualan emas pada triwulan kedua tahun 2020

Pada Juli-September, penjualan emas tercatat 6,9 ton, naik dibandingkan capaian penjualan emas pada April-Juni 2020 yang mencapai 2,8 ton.

"Secara akumulatif, capaian kinerja unaudited penjualan emas Antam pada 9 bulan pertama tahun 2020 tercatat sebesar 14,8 ton, jelasnya.

"Melihat tingginya minat masyarakat terhadap investasi emas saat ini, kami optimis Antam dapat memaksimalkan produksi dan penjualan emas di tahun 2020. Begitupun kami berharap pada tahun depan tren positif ini akan terus berlanjut," tandasnya.