Nasional

Banjir, Pemkot Cirebon akan Lakukan Normalisasi Sungai

CIREBON, SENAYANPOST.com – Banjir yang melanda Kota Cirebon membuat Pemerintah Kota Cirebon akan melakukan kembali normalisasi sungai-sungai yang melintasi kota agar bisa menampung debit air besar.

“Semua didata dan ditata, agar ketika memasuki musim hujan seperti saat ini tidak lagi menjadi penyebab banjir,” kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati di Cirebon, Rabu (15/1/2020).

Eti mengatakan Pemkot Cirebon menginginkan semua sungai yang melintas di Kota Cirebon dinormalisasi dengan menggandeng BBWS serta instansi terkait.

Menurutnya penataan sungai perlu adanya kejelasan kewenangan. Karena kewenangan bukan hanya di Pemkot Cirebon saja melainkan ada juga yang wewenang BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

“Penataan ini agar tahu, mana anggaran yang dari kita (Pemkot) dan mana dari BBWS serta anggaran bersama,” ujarnya.

Eti menambahkan selain itu pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk melakukan normalisasi sungai yang menjadi perbatasan kedua daerah.

Karena ketika yang dinormalisasi hanya di Kota Cirebon, maka banjir masih bisa terjadi lagi, untuk itu perlu adanya kerja sama mengatasinya.

“Permasalahan normalisasi ini ada beberapa persoalan teknis dan ini harus dicari jalan keluarnya, agar bisa mengurangi risiko bencana,” katanya.

Eti mengakui masih ada beberapa sungai yang berada di Kota Cirebon belum dilakukan normalisasi sehingga mengakibatkan meluap ketika diguyur hujan deras. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close