Nasional

Banjir Jabodetabek, DPR: Tangani Akar Persoalannya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemprov DKI Jakarta diminta bertindak cepat dalam menangani banjir yang sudah terjadi sejak awal tahun 2020.

Persoalan banjir di Jakarta harus dilihat akar persoalannya ada dimana sehingga itu yang harus diselesaikan bukan pada hal yang lain.

“Kalau melihat sejarahnya, Jakarta kalau menurut orang Betawi adalah tempatnya air misalnya ada daerah Rawa Bokor, Rawa Belong tapi bukan itu maksudnya. Namun kondisi yang ada sekarang diperbaiki sehingga dengan tindakan cepat pemerintah bisa mengatasi,” kata Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Agung Santoso, usai memberikan bantuan kepada korban banjir Kelurangan Pengadegan, di GOR Pancoran, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Dia mengatakan apabila tindakan cepat belum bisa dilakukan, maka yang bisa dilakukan Pemda untuk mengatasi bencana banjir, yaitu mengurangi titik-titik banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Menurut dia, langkah mengurangi titik-titik banjir bisa dilakukan secara lambat laun sehingga kedepannya banjir tidak terjadi lagi di Jakarta dan sekitarnya.

“Langkahnya dengan mengurangi titik-titik banjir dan wilayah yang terkena banjir. Misalnya dari ratusan kecamatan dan ribuan kelurahan bisa dikurangi,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat dirinya meninjau tempat pengungsian korban banjir di GOR Pancoran, sudah terlihat kesiapsiagaan Pemda Jakarta dalam mengantisipasi pengungsi yang jumlahnya hingga 500 orang.

Menurut dia, kesiapan pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani para pengungsi korban banjir sudah cukup baik misalnya kecukupan toilet di tempat pengungsian. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close