Lintas Daerah

Banjir dan Longsor Landa Pacitan, Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor

PACITAN, SENAYANPOST.com – Bencana alam kembali melanda wilayah Jatim. Hujan deras yang mengguyur Pacitan dan sekitarnya mengakibatkan musibah longsor dan banjir. Empat orang tewas tertimbun longsor dan 236 lainnya mengungsi akibat banjir.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati mengatakan, hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah Pacitan pada Jumat (7/12/2018) malam. Hal ini mengakibatkan sejumlah permukiman di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Pacitan terdampak.

Satu rumah di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung tertimpa material longsor. Empat jiwa satu keluarga tewas akibat kejadian ini.

“Alhamdilillah semua jenasah diketemukan. Kondisinya sudah tewas,” ungkap Dianita, Sabtu (8/12/2018).

Mereka yang tewas adalah Misgiman (62), Sogirah (46), Bogiyem (72) dan Katminem (58). Semuanya diketemukan di dalam reruntuhan rumah yang tertimpa material longsor. Evakuasi sendiri dimulai begitu banjir mulai surut.

Dianita menerangkan, wilayah lain yang terdampak bencana berada di Kecamatan Kebonagung, di antaranya Desa Kebonagung, Klesem, dan Purwoasri. Sedangkan di wilayah Kecamatan Pacitan banjir sempat menggenangi sebagian rumah warga di Desa Banjarejo, Kayen, Sukoharjo, dan Sirnoboyo. Sejumlah warga telah dievakuasi ke tempat lebih aman dengan menggunakan perahu karet.

“Kita memprioritaskan warga yang rentan yaitu balita dan manula (manusia lanjut usia) untuk kita tangani dan beri pertolonhan,’’ ujar Dianita.

Dianita menyebut, data sementara pengungsi banjir hingga oukul 9.55 WIB adalah 236 jiwa. Rinciannya, Dusun Jelok, Desa Kayen, Kecamatan Kebonagung ada 217 jiwa mengungsi di rumah warga. Mereka terdiri dari dewasa 195 jiwa, balita 22 jiwa.

Di Dusun Wetih, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, jumlah pengungsi empat jiwa. Dua dewasa, satu lansia dan satu balita. Di Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, jumlah pengungsi tiga jiwa dengan satu dewasa, satu anak dan satu balita. Semuanya mengungsi ke rumah warga sekitar.

Di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, pengungsi ditampung di Balai Desa Sidomulyo Jumlahnya 12 jiwa. Terdiri dari delapan dewasa, dua lansia dan dua balita.

Saat ini material berupa lumpur dan batu masih menutup jalan lintas selatan (JLS) yang menghubungkan Pacitan dengan Trenggalek.

Dianita menyatakan, proses pembersihan menjadi prioritas sejumlah pihak yang telah terjun ke lokasi bencana, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional di Pacitan.

Basarnas Trenggalek, Dinas Sosial Pacitan, dan BPBD Pacitan juga sudah mendirikan dapur umum. Sejumlah logistik telah didistribusikan kepada warga yang terdampak banjir dan tanah longsor.

“Kami sigap karena pengalaman pada kejadian tahun lalu (tanah longsor dan banjir besar pada November 2017). Semua pihak baju-membahu mengatasi kondisi ini,’’ ungkap Dianita. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close