Peristiwa

Banjir Bandang Terjang Kecamatan Ijen Bondowoso, Ratusan Warga Mengungsi

BONDOWOSO, SENAYANPOST.com – Banjir bandang menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Warga diungsikan untuk menghindari banjir susulan.

“Warga kami ungsikan ke daerah yang lebih tinggi,” kata Kepala BPBD Bondowoso Kukuh Triatmoko saat dihubungi detikcom, Rabu (29/1/2020).

Evakuasi warga dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. Sebab, cuaca di sekitar Gunung Raung dan Gunung Suket kurang bersahabat.

“Dikhawatirkan terjadi banjir bandang susulan. Karena di atas terjadi hujan lebat dan cuaca tampak tak bersahabat,” terangnya.

Pihaknya sudah menurunkan tim reaksi cepat ke lokasi kejadian. Tim tersebut akan melakukan pendataan dan membantu warga terdampak.

“Kami belum bisa mengetahui seberapa tingkat kerusakan akibat banjir bandang itu. Data sementara, korban jiwa nihil. Hanya material,” sambungnya.

Banjir air bercampur lumpur itu setinggi kurang lebih 60 cm. Banjir masuk permukiman hingga 200 KK terdampak.

Banjir terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut pihak BPBD, banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah hulu di Lereng Gunung Raung. Akibat banyak lahan gundul setelah kebakaran saat kemarau 2019, akhirnya air tidak tertahan hingga turun ke permukiman bersama lumpur.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close