Internasional

Bangladesh: Indonesia Mitra Penting Bantu Rohingya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bangladesh mengakui Indonesia sebagai salah satu mitra penting dalam membantu para pengungsi Rohingya.

“Indonesia memegang peranan penting dalam kasus ini. Tentu kami sangat senang memiliki mitra seperti Indonesia,” kata Duta Besar Bangladesh Indonesia, Azmal Kabir, Senin.

Indonesia sendiri telah menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya di kampa Cox’s Bazar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke kamp pengungsi Rohingya yang berada di Cox’s Bazar.

Kunjungan itu dilakukan Jokowi paska melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.

Dalam kunjungannya, Jokowi tidak hanya berbicang dengan para pengungsi, tapi juga memberikan bantuan.

Terkait dengan nasib para pengungsi Rohingya, Azmal menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah menganggap etnis Rohingya sebagai pengungsi di negaranya, melainkan sebagai orang yang terusir.

“Kasus Rohingya berbeda dengan kasus pengungsi di Eropa. Kami menganggap Rohingya bukan pengungsi, tapi orang-orang yang tak punya rumah karena masalah internal,” katanya.

“Namun, kami terus berusaha sekuat tenaga untuk membantu mereka yang kini ada di Cox’s Bazar. Kami juga didukung oleh organisasi internasional dan tentu Indonesia, mitra kami,” lanjutnya.

Bangladesh berkomitmen akan terus membantu para warga Rohingya yang ingin pulang ke negaranya. Saat ini ada 1,1 juta warga Rohingya di kamp-kamp pengungsian. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close