Lintas Daerah

Bandung Berupaya jadi Kota Ramah Lansia

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengungkapkan bahwa Bandung terus berupaya menjadi kota ramah lansia (lanjut usia).

“Tidak hanya hak-haknya saja. Melainkan infrastruktur-nya. Seperti misalnya taman untuk para lansia, atau trotoar yang ramah bagi para lansia,” jelas Yana Mulyana saat Saresehan Hari Lansia Kota Bandung di Gedung Serba Guna Biofarma, Kota Bandung, Kamis (28/3/2019).

Pemerintah Kota Bandung, katanya, utamanya akan meningkatkan layanan dasar seperti pelayanan kesehatan, serta memfasilitasi kegiatan yang produktif untuk lansia.

Data menunjukan, pada tahun 2017 jumlah lansia di Bandung mencapai 10,9 persen dari total penduduk yang mencapai 2,4 juta jiwa atau sekitar 264.416 lansia.

“Angka harapan hidup yang panjang, mencapai 73,8 tahun pada 2017 tentu saja menjadi indikator keberhasilan pembangunan,” ujarnya.

Ia berharap sarasehan tersebut dapat membuat kerja sama antara Pemkot dan stakeholder berjalan dengan baik. Terutama di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) dalam upaya pemenuhan hak-hak lansia.

“Dengan demikian, Bandung tidak hanya menjadi kota ramah anak saja, tetapi ramah juga untuk para lansia. Senada juga dengan visi Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis,” katanya.

Ia pun menilai dengan kemandirian lansia, maka tidak menutup kemungkinan Pemkot Bandung mendapat gagasan, inovasi, atau solusi dari lansia di Kota Bandung.

“Kegiatan ini adalah bentuk memuliakan orang tua atau warga senior dari kita selaku orang yang lebih muda,” imbuhnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close