Ekonomi

Bandara Sultan Thaha Berpeluang Layani Penerbangan Negara Tetangga

JAMBI, SENAYANPOST.com – Karena memiliki potensi penerbangan ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura maupun sebaliknya, Bandara Sultan Thaha Jambi berpeluang melayani penerbangan internasional, kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Yogi Prastyo Suwandi di Jambi, Kamis (10/5/2018).

“Bandara Sultan Thaha Jambi memiliki potensi trafik penumpang dari Malaysia dan Singapura atau sebaliknya,” kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Yogi Prastyo Suwandi, di Jambi, Kamis (10/5/2018).

Selain penumpang, Bandara Sultan Thaha Jambi juga berpeluang untuk melayani penerbangan haji sekaligus dapat berubah menjadi embarkasi haji. Sehingga penerbangan haji dari Provinsi Jambi tidak lagi melalui Bandara Hang Nadim Batam atau embarkasi Batam.

Menurutnya, standar untuk menjadi bandara internasional secara umum, antara lain harus memenuhi komponen custom, immigration, quarantine (CIQ). Komponen itu wajib harus ada di bandara internasional, serta fasilitas penunjang lainnya juga harus ada.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II telah memulai pengerjaan pengembangan terminal Bandara Sultan Thaha Jambi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan sebagai upaya dalam menyiapkan menjadi bandara internasional.

Pengembangan terminal bandara udara itu dilakukan pada dua sisi terminal. Sesuai rencana, ditargetkan pengerjaan fisik akan selesai pada akhir tahun 2019. Selain itu, pada tahun ini juga sedang dilakukan pengerjaan penambahan landasan pacu pesawat (runway) dari 2.220 meter menjadi 2.600 meter.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close