Transportasi

Bandara Internasional Yogyakarta Diklaim Miliki Kemudahan Akses Transportasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengguna jasa penerbangan melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dipastikan akan mudah mengakses tujuan lain. Bandara yang akan beroperasi secara penuh mulai Minggu (29/3/2020) mendatang diklaim telah memiliki akses transportasi darat multi-moda yang cukup lengkap.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Kamis (26/3/2020) mengatakan ada beragam jenis transportasi multi-moda tersebut yaitu airport shuttle yang disediakan oleh Damri dan SatelQu, taksi berargo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju pusat Kota Yogyakarta.

“Juga ada yang menuju kota lain di luar Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya,” katanya.

Untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta, penumpang dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat. Untuk layanan shuttle bus Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan.

Sedang titik keberangkatan Damri menuju YIA yaitu Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen.

“Estimasi biaya Damri menuju YIA yaitu berkisar dari Rp25.00 hingga Rp70.000,bergantung pada jarak tempuh. Sedangkan jam operasional Damri yaitu sejak pukul 03.00 hingga 20.00 WIB dengan interval waktu berangkat selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo,” katanya.

Untuk transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, penumpang dapat menggunakan kereta api yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks), dengan waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit. Untuk rute keberangkatan KA Bandara yaitu Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo dengan estimasi biaya Rp25.000.

Sedangkan rute keberangkatan KA Prameks yaitu Stasiun Maguwo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo, YIA dapat ditempuh 10 menit menggunakan shuttle bus Damri. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close