Bandara Adisutjipto Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk Calon Penumpang

Bandara Adisutjipto Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk Calon Penumpang
Ilustrasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Bandara Adisutjipto Yogyakarta membuka sentra vaksinasi covid-19 bagi calon penumpang pesawat terbang dari Bandara Adisutjipto.

"Sentra Vaksinasi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan DIY dan Dinas Kesehatan Sleman, serta komunitas bandara lainnya,” kata GM PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Selasa.

Layanan vaksinasi di Bandara Adisutjipto berlokasi di Gedung Empu Sisi Timur Bandara Adisutjipto, berdekatan dengan Fasilitas Rapid Test Antigen Bandara. Pelayanan yang digelar mulai Selasa (6/7) ini diselenggarakan setiap hari dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dengan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Penyediaan layanan vaksinasi di bandara ini merupakan bentuk dukungan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021,” kata Pandu.

Ia berharap dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khususnya calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat segera terwujud.

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat di mana syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR.

Selain mempercepat vaksinasi pada masyarakat, pelayanan sentra vaksinasi ini diharap dapat mempermudah masyarakat yang memiliki kepentingan untuk melakukan perjalanan udara namun belum mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga yang diberikan di bandara adalah vaksin dosis pertama.

Persyaratan adalah menunjukkan KTP Asli dan tiket/ e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan. Vaksinasi di bandara katanya, dilakukan satu hari sebelum jadwal keberangkatan. Dikatakan, mulai dari proses awal yakni registrasi hingga penyerahan bukti vaksinasi pertama diperkirakan memakan waktu 33 menit.