Politik

Bambang Soesatyo Desak Pemda Maksimalkan Penyerapan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mengingat saat ini masih banyak Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang masih mengendap di akun daerah atau Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Rp261 triliun, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) minta pemerintah daerah (Pemda) mekamsimalkan penyerapan.

“Mendorong Pemda untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di daerah. Seperti melakukan pengalokasian subsidi anggaran, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tegas Bamsoet di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Karena itu kata Bamsoet, Pemda harus mengedepankan integritas dalam mengelola APBD dan merealisasikan program-program kerjanya, agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat sekitar.

“Pemda perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap penggunaan APBD, agar APBD bisa efisien dan transparan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kementerian Keuangan meminta pemerintah daerah untuk segera membelanjakan APBD . Pasalnya, kas dalam Rekening Kas Umum Daerah tercatat mencapai Rp261 triliun per Oktober 2019.

Nominal tersebut lebih tinggi dibandingkan kas Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) pada periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebesar Rp215 triliun. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close