Bali Jadi Provinsi dengan Pengguna Masker Terbanyak di Indonesia

Bali Jadi Provinsi dengan Pengguna Masker Terbanyak di Indonesia
Kemenparekraf

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Covid-19 Symptom Survey yang dijalankan oleh Program Gabungan Metodologi Survei University of Maryland bekerja sama dengan Facebook baru saja merilis laporan terbaru. Salah satu poin menarik yang perlu disorot adalah provinsi dengan tingkat penggunaan masker tertinggi di Indonesia.

Survei yang dilakukan pada 178.988 responden dalam periode 10 Januari hingga 31 Maret 2021 itu mengungkapkan bahwa Bali adalah provinsi tertinggi penggunaan masker di Indonesia.

"Pada bulan Maret, 86% orang Indonesia yang disurvei melaporkan selalu atau sebagian besar mengenakan masker saat berada di depan umum. Penggunaan masker tertinggi adalah Bali (92%) dan terendah Aceh (72%)," lapor survei yang dilaporkan juga ke Kementerian Kesehatan.

Survei ini pun mengungkapkan bahwa semakin banyak orang yang melaporkan dirinya baru saja kontak langsung dengan orang yang tidak tinggal bersama. Ini menunjukkan bahwa kesadaran akan kesehatan masyarakat Indonesia semakin tinggi.

"Jika dibanding Februari 2021, angka persentase orang yang melaporkan dirinya baru saja kontak langsung dengan orang yang tak tinggal serumah naik sedikit meski secara statistik signifikan yaitu dari 36% menjadi 38%," ungkap laporan tersebut.

Di laporan ini pun menjelaskan bahwa kontak langsung meningkat 7 poin persentase atau lebih di Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Selatan.

Dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, luasnya hasil dari survei ini sangat berharga seiring dengan upaya Kemenkes mengatasi dampak terburuk pandemi bagi masyarakat.

"Data yang akurat sangat penting dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan formulasi kebijakan yang tepat untuk vaksin Covid-19," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (12/5/2021).

Ya, di dalam hasil survei ini pun terungkap bahwa keraguan masyarakat Indonesia untuk menerima vaksin sudah sangat kecil dengan hasil survei sebanyak 80,8% orang Indonesia mau mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Hal ini menunjukkan bahwa program kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin ini berjalan dengan baik dan semakin tinggi pula motivasi masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai penularan Covid-19," tambah Oscar.