Nasional

Bali Gelap Gulita Tanpa Penerangan

DENPASAR, SENAYANPOST.com – Bali sebagai daerah tujuan wisata dengan ratusan hotel dan ribuan wisatawan mengalami gelap gulita tanpa penerangan setitik cahaya saat umat Hindu melaksanakan ibadah Tapa Brata Penyepian menyambut Tahun Baru Saka 1940, Sabtu (17/3/2018) malam.

Pewarta Antara di Denpasar melaporkan suasana gelap gulita terjadi di mana-mana dan masyarakat sejak pagi hari telah mengurung diri dalam rumah masing-masing untuk melaksanakan empat pantangan.

Salah satu dari empat pantangan yang dilakukan Umat Hindu pada hari peralihan tahun baru saka dari tahun saka 1939 ke 1940 itu menyangkut amati geni yakni tidak menyalakan api maupun lampu penerangan listrik, walaupun PLN Distribusi Bali tetap memasok listrik kepada seluruh pelanggannya.

Pantangan lainnya adalah amati karya (tidak bekerja dan aktivitas), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak mengumbar hawa nafsu, tanpa hiburan/bersenang-senang).

Pada malam kegelapan itu petugas keamanan desa adat (pecalang) dan tokoh masyarakat di masing-masing desa adat (pekraman) melakukan pemantauan menyangkut keamanan.

Bali pada malam Hari Suci Nyepi menjadi gelap gulita, karena seluruh penerangan listrik dipadamkan, baik di jalan, rumah-rumah penduduk, dan tempat-tempat umum lainnya.

Sementara semua hotel yang tersebar di kawasan Sanur, Kuta, Nusa Dua dan pusat-pusat kawasan wisata lainnya di Bali jauh sebelumnya telah diimbau agar sedapat mungkin tidak menyalakan listrik yang sinarnya sampai memantul ke luar.

Hampir tidak ada lampu yang menyala, hanya kegelapan dan kesunyiaan yang nyaris menjadikan Pulau Seribu Pura itu bagaikan “Pulau mati tanpa penghuni”.

Sementara itu, General Manajer PLN Distribusi Bali I Nyoman Suwarjoni Astawa memprediksi penggunaan energi listrik bagi konsumen pada hari Nyepi kali ini berkurang sekitar 30 persen dari hari-hari normal biasanya dengan beban puncak 809 MW menjadi 506 MW.

Untuk itu, pihaknya tetap mengoperasikan PLTU Celukan Bawang dan pasokan listrik dari Jawa melalui kabel bawah laut, sedangkan pembangkit di Pesanggaran, Kota Denpasar sementara dimatikan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close