Bakal Cabut Lockdown, China Umumkan Nol Kematian karena Corona

Bakal Cabut Lockdown, China Umumkan Nol Kematian karena Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perkembangan pandemi virus corona (COVID-19) mulai menunjukkan tanda membaik, khususnya dari China hari ini, Selasa (7/4/2020). Negara tempat awal munculnya wabah itu melaporkan nol kematian akibat COVID-19, pertama kalinya sejak Januari.

Bahkan, saat ini China dikabarkan sudah mulai mempertimbangkan untuk mencabut pembatasan (lockdown) untuk mencegah penyebaran wabah yang diterapkan ke beberapa kotanya pada awal tahun.

“Pada hari Selasa, Komisi Kesehatan Nasional melaporkan 32 kasus baru di seluruh China, yang semuanya menimpa warga yang baru datang dari negara lain. Ada juga 30 kasus asimptomatik (tanpa gejala) baru yang dilaporkan,”  tulis The Guardian.

“Namun, untuk pertama kalinya sejak komisi mulai menerbitkan angka-angkanya di bulan Januari, tidak ada kematian baru yang dilaporkan.”

Menurut Wordlometers, saat ini China memiliki 81.740 kasus, dengan 3.331 kematian dan 77.167 orang sembuh. Sementara itu dalam skala global, jumlah kasus corona sudah mencapai angka 1.349.877 kasus, 74.820 kematian dan 286.877 orang sembuh.

Sebelumnya pada bulan lalu, pihak berwenang telah mulai melonggarkan pembatasan pada penduduk Wuhan, kota asal munculnya wabah. Kebijakan itu diambil pemerintah setelah tingkat infeksi menurun cukup signifikan.

Pemerintah juga disebut bakal mengangkat pembatasan perjalanan pada Rabu besok, yang kemungkinan akan membuat para warga mulai bisa meninggalkan kota tersebut. Menurut laporan, jumlah kasus di China daratan telah menurun sejak Maret. (WS)