Wow, Bahasa Jawa Menggema di Bandara Dubai

07:00
478

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bukan hanya di Bandara Adisutjipto Yogyakarta saja yang menambahkan bahasa Jawa untuk menyampaikan informasi penerbangan. Ternyata bahasa Jawa juga diguankan di Bandara Internasional Dubai.

Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade,” demikian bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai menuju Jakarta di Bandara Dubai yang dikenal sebagai bandara internasional tersibuk di dunia.

Pengumuman itu kurang lebih memiliki arti, “Permisi Bapak-bapak, Ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tiga lima delapan ke Jakarta, saat ini akan…”

Menurut Divisional Vice President dari Emirates Walter Riggans dalam keterangannya Sabtu (5/8), alasan penggunaan bahasa Jawa itu dipakai guna memudahkan penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris atau Arab saat proses naik ke pesawat.

“Hal ini dilakukan agar penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Arab bisa merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang,” jelasnya.

“Ini sangat membantu mempercepat proses naik pesawat,” lanjutnya.

Comments

comments