Parlemen

Bahas Kelanjutan Tahapan Pilkada, DPR akan Rapat Bersama Kemendagri dan KPU

JAKARTA, SENAYANPOST.com РGuna membahas kelanjutan tahapan Pilkada 2020 yang dimulai pada 6 Juni 2020, Komisi II DPR segera menggelar rapat dengan Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rapat tersebut  Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat tersebut pada Rabu, (20/5).

“Rabu besok kami akan rapat dengan Mendagri dan KPU untuk membahas tahapan itu,” kata Doli saat dikonfirmasi, Senin (18/5/2020).

Doli memastikan, rapat kerja tersebut akan digelar secara terbuka. Rapat itu dinilai penting sehingga perlu digelar meski dalam masa reses.

“Karena urgent, kami minta izin ke pimpinan untuk Raker walaupun dalam masa reses,” kata Doli.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan menggelar tahapan Pilkada 2020 pada 6 Juni. Tahapan pilkada 2020 sebelumnya sempat ditunda karena pandemi Covid-19.

“Jadwalnya kalau semula kita rancang 30 Mei itu sudah dimulai, tetapi karena kemarin Perppunya juga agak mundur, terus kita agak mundurkan jadi 6 Juni, mohon bisa diberikan pandangan-pandangannya,” kata Arief.

Tahap yang dimulai kembali adalah mengaktifkan kembali penyelenggara pemilu Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah direkrut.

KPU merencanakan akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada 13 Juni. Penyusunan daftar pemilu direncanakan digelar pada 10 Juni-5 Juli 2020. Penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran dilakukan pada 6 Juli-5 Agustus 2020.

Sementara, rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPR) digelar pada 30 September-7 Oktober 2020. KPU tak mengubah masa kampanye yang digelar selama 71 hari. Kampanye dijadwalkan pada 26 September sampai 6 Desember. Masa tenang pada 6-8 Desember. Pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close