Hukum

Bahar bin Smith Dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Penahanan Habib Bahar bin Smith kembali dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur di Bogor di mana sebelumnya dia sempat ditahan di Lapas Klas I Batu Nusakambangan di Cilacap pada 20 Mei lalu.

Pemindahan dilakukan dengan alasan kepentingan pengamanan dan pembinaan. Pemindahan itu dilakukan pada Kamis (9/7) sekitar pukul 05.00 WIB.

“Ya, sudah kemarin,” kata Kadivpas Kemkumham Jabar, Abdul Aris, Jumat (10/7/2020).

Aris menjelaskan, alasan pengembalian Bahar ke Lapas Gunung Sindur didasarkan atas hasil asesmen perilaku yang dilakukan oleh Bapas Nusakambangan.

Akan tetapi, dia tidak mengungkap secara rinci hasil asesmen yang dimaksud.

“Alasannya hasil assessment dari Bapas Nusakambangan,” katanya.

Bahar sebelumnya kembali dijebloskan ke Lapas Gunung Sindur pada Selasa (19/5). Ia kembali ditahan usai dinilai melanggar asimilasi yang sebelumnya diberikan kepadanya.

Pelanggaran yang dimaksud ialah Bahar dinilai menimbulkan keresahan di masyarakat. Sebab Bahar hadir dalam suatu kegiatan dan memberikan ceramah yang provokatif serta menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah.

Video ceramahnya itu menjadi viral dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

Selain itu, ia juga dinilai melanggar aturan Pembatasan Berskala Besar (PSBB) dalam kondisi darurat COVID-19. Sebab Bahar telah mengumpulkan massa dalam ceramahnya itu. Padahal Bogor merupakan salah satu daerah yang sedang menerapkan PSBB.

Bahar akan menjalani sisa masa pidana selama 1 tahun 5 bulan dalam kasus penganiayaan 2 remaja.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close