InternasionalPeristiwa

Badai Kenneth Terjang Mozambik, 38 Penduduk Tewas

MOZAMBIK, SENAYANPOST.com – Dilaporkan 38 orang meninggal dan sejumlah rumah rusak akibat terjangan Badai Kenneth di Mozambik. Banjir juga melanda sejumlah wilayah dan membuat banyak warga terjebak.

Seperti dilansir Reuters, Senin (29/4), 38 warga yang meninggal itu berada di Provinsi Cabo Delgado. Hujan deras menyebabkan daerah itu juga dilanda banjir dan tanah longsor.

Sedangkan di Kota Pemba, badai itu mengakibatkan sekitar 200 ribu orang terjebak banjir. Rumah-rumah warga rusak karena terempas angin atau tertimpa pohon yang roboh.

Lima pekan lalu negara ini juga baru diterjang Badai Idai. Badai Kenneth terbentuk di lepas pantai Madagaskar pada awal pekan ini. Menurut ahli meteorologi, badai itu mulanya masuk dalam kategori 4, tetapi semakin melemah ketika mengarah ke Mozambik.

Badai sempat melanda Pulau Komoro dan merusak sejumlah bangunan dan infrastruktur. Karena tingkat kerusakan yang parah, PBB menyetujui pemberian bantuan sebesar Rp184,5 miliar kepada Mozambik dan Pulau Komoro yang diterjang Badai Kenneth.

Bank Dunia memperkirakan Mozambik butuh Rp28,3 triliun untuk membangun kembali setelah diterjang Badai Kenneth.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close