Bacakan Pledoi, Vanessa Angel Mohon Putusan Ringan

Bacakan Pledoi, Vanessa Angel Mohon Putusan Ringan
Vanessa Angel (kiri) dalam sidang pleidoi (foto detikcom)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dalam sidang kasus kepemilikan pil Xanax, Vanessa Angel membacakan sendiri nota pembelaan atau pleidoi yang mencurahkan isi hatinya.

"Apa yang saya sampaikan ini bukan pembelaan diri, melainkan rintihan hati yang selama ini bergejolak di dalam diri saya," ujar Vanessa Angel ketika membacakan pleidoi di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (Jakbar), Senin (26/10/2020).

Ketika membacakan pleidoi, Vanessa menangis. Ia terisak namun tetap membacakan nota pembelaannya.

Vanessa mengungkap dirinya merasa sedih atas proses hukum yang dihadapinya. Ia menyebut dirinya tidak ada niat jahat maupun menyalahgunakan pil Xanax.

"Saya menggunakan obat tersebut berdasarkan resep dokter dan selalu konsultasi ke dokter, saya memiliki gangguan kecemasan yang saya alami, membuat saya tidak bisa tidur, asam lambung, rambut rontok, dan emosi yang berubah-ubah," kata Vanessa.

Vanessa kemudian memohon keringanan hukuman kepada majelis hakim. Vanessa menyebut ia adalah seorang ibu yang masih merawat bayinya.

"Saya memohon keringanan atas tuntutan 6 bulan penjara yang mulia, saya adalah seorang ibu, anak saya baru (berusia) kurang lebih 2 bulan, yang masih membutuhkan kasih sayang dan air susu ibu," imbuh Vanessa.

Seperti diketahui, Vanessa Angel dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman 6 bulan penjara atas kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Vanessa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Polisi menyita 20 butir pil Xanax di kediaman Vanessa. Sebanyak 15 butir ditemukan di kamar Vanessa, sedangkan 5 butir ditemukan di dalam tas yang berada di mobil.

Vanessa Angel didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. (ws)