Babel Tingkatkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Babel Tingkatkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

BABEL, SENAYANPOST.com - Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan (Prokes).

"Sanksi pelanggar protokol kesehatan akan kita tingkatkan," ujar Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah, di Pangkalpinang, Jumat (11/9/2020).

Ia mengatakan, saat ini Pemprov Kepulauan Babel sudah memiliki Peraturan Gubernur sebagai instrumen hukum yang memuat sanksi administrasi bagi masyarakat melanggar protokol kesehatan Covid-19, seperti tidak menggunakan masker, menjaga jarak, kerumuman massa dan lainnya.

Kenyataannya, kata dia, masih banyak ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker. Kedisiplinan masyarakat mematuhi prokes ini mulai berkurang, sehingga berpeluang terjadi peningkatan kasus Covid-19 di daerah ini.

Karenanya, untuk meningkatkan kedisiplinan bagi yang melanggar prokes Covid-19 di daerah ini akan diberikan sanksi administrasi ke hukuman kerja sosial, denda hingga pidana. 

"Dalam waktu dekat ini, kita akan menerapkan sanksi kerja sosial, sementara untuk pidana belum dapat diterapkan karena pemerintah provinsi harus memiliki peraturan daerah yang mengatur sanksi pidana ini," katanya.

Wagub Babel berharap dengan adanya peningkatan sanksi ini dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.