Internasional

Ayah-Anak di Vietnam Positif Terjangkit Virus Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Virus corona mulai menjangkiti beberapa wilayah di luar China, salah satunya Asia Tenggara. Selain ditemukan di Singapura, Vietnam juga melaporkan ada dua warga negara China yang terjangkit virus corona.

Reuters, Jumat (24/1/2020) melaporkan, Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan dua WN China yang positif virus corona merupakan ayah dan anak. Mereka menjadi orang pertama yang dinyatakan mengidap positif terjangkit virus corona di Vietnam.

Meski terjangkit virus corona, dua orang itu dalam kondisi baik. Mereka telah dirawat di rumah sakit Cho Ray, Ho Chi Minh City, sejak Rabu (22/1). Selama menjalani pemeriksaan, mereka memperlihatkan gejala virus corona seperti batuk, sesak napas dan demam.

Wakil Menteri Kesehatan Vietnam Nguyen Truong Son mengatakan mereka terpapar virus corona setelah berwisata ke kota Wuhan. Nguyen memastikan pemerintah Vietnam akan terus memperketat pengawasan agar tidak ada warga Vietnam yang kembali terpapar virus corona.

“Kementerian Kesehatan akan terus memantau gejala yang dicurigai (virus corona) di bandara di Nha Trang dan Danang di mana, banyak pengunjung Tiongkok datang,” kata Nguyen.

“Semua pengunjung (yang datang) dari daerah yang terinfeksi (Wuhan) akan dilacak dan harus menjalani pemeriksaan kesehatan,” tambahnya.

Sementara otoritas penerbangan sipil Vietnam (CAAV) telah menangguhkan semua penerbangan baik dari Wuhan ke Vietnam dan sebaliknya sebagai bentuk pencegahan.

CAAV juga telah memerintahkan bandara domestik untuk meningkatkan pengawasan terhadap penumpang menggunakan thermal scanner.

Virus corona merupakan virus jenis baru ini diidentifikasi masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus corona sering dikaitkan dengan penyakit pneumonia berat, yakni infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan.

Virus ini diduga disebarkan lewat hewan, dan bisa menular dari manusia ke manusia. Sejauh ini telah 25 orang meninggal dunia karena virus ini di China, penderitanya telah mencapai 800 orang.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close