Kesehatan

Awas, Jangan Tiru Cara Tidur Kim Kardashian

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kebiasaan Kim Kardashian yang satu ini jangan sampai ditiru. Baru-baru ini terungkap jika KIm kerap tidur dengan makeup. Dia membiarkan riasan wajah tetap menempel meski mata pelan-pelan terpejam.

“Apakah Anda pernah tidur dengan riasan wajah,” tanya pembawa acara “Busy Tonight”, Busy Phillips, mengutip Women’s Health Magz. “Oh, sepanjang waktu,” jawab Kardashian santai. Dia menambahkan, “Bahkan itu seperti membayangkan bahwa besok aku tak akan bisa merias wajahku lagi.”

Mungkin benar bahwa rutinitas membersihkan wajah dari makeup di malam hari sangat membosankan. Saat Anda terlalu lelah, Anda malah harus sibuk menghapus semua makeup yang menempel di wajah.

Diwartakan CNN Indonesia, tidur dengan riasan wajah adalah sebuah pelanggaran terbesar bagi dunia kecantikan. Kebiasaan itu bakal membuat kulit kering, menyebabkan iritasi, dan mengacaukan penghalang kulit. Selain itu, kebiasaan tidur dengan maskara yang menempel juga bisa berujung pada gangguan kronis pada mata.

Tengok saja kisah Theresa Lynch yang mengenakan riasan dan maskara saat tidur selama hampir 25 tahun lamanya. Dia kerap lupa untuk membersihkan makeup setiap hari.

Mengutip Daily Mail, Lynch mulai mengalami iritasi yang menyakitkan dan pembengkakan di bagian mata. Muncul pula benda hitam serupa bintik-bintik di balik kelopak matanya.

Kasus itu diterbitkan oleh American Academy of Ophthalmology pada pertengahan 2018.

Lynch mengatakan bahwa gejala-gejala itu muncul dengan iritasi yang menyakitkan dan pembengkakan. Saat menemui dokter, Lynch malah harus menghadapi kenyataan ada benjolan hitam keras berukuran kecil dan menyebar di dalam matanya yang disebut konkresi subconjunctional.

“Gumpalan-gumpalan itu tertanam begitu dalam sehingga partikel-partikel menumpuk di atas satu sama lain. Aku sangat tidak nyaman. Kelopak mataku bengkak dan berat karena aku membiarkannya kotor begitu lama,” keluh Lynch.

Setiap kali Lynch berkedip, bintik-bintik hitam itu akan menggosok permukaan matanya dan menimbulkan risiko serius pada penglihatannya. Jika itu terus terjadi, infeksi bisa mengakibatkan kebutaan.

Apa lacur, akibat kesalahannya jarang membersihkan makeup, Lynch pun harus menjalani operasi selama 90 menit untuk mengangkat penumpukan dari bawah kelopak mata.

Ahli dermatologi, Eric Schweiger, mengatakan bahwa produk seperti maskara dan eyeliner bakal berakhir di dalam mata lantaran gesekan yang terjadi antara mata dan bantal saat tidur.

“Tidur dalam riasan mata dapat menyebabkan tersumbatnya folikel rambut dan kelenjar minyak pada kelopak mata Anda. Ketika area ini tersumbat, bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan,” ujar Schweiger, mengutip Medical Daily.

Schweiger menyarankan agar Anda menggunakan medium pembersih mata yang halus dan lembut. Pasalnya, kelopak mata adalah kulit tertipis di dalam tubuh yang jika sembarangan bakal menyebabkan infeksi.

Tak hanya menyebabkan petaka pada mata, tidur dengan riasan wajah juga menyebabkan kerugian-kerugian lainnya. Salah satunya adalah penuaan dini dan menimbulkan banyak keriput pada wajah.

“Kotoran dan riasan yang terperangkap pada kulit menyebabkan kerusakan oksidatif yang disebabkan lingkungan,” ujar ahli dermatologi, Annie Chiu, mengutip Good House Keeping. Hal ini bakal mengarah pada rusaknya penghalang kulit.

Sebuah penelitian pada 2013 bereksperimen pada wanita yang berhenti mencuci wajah selama satu bulan. Hasilnya, wanita itu terlihat 10 tahun lebih tua.

Selain itu, tidur dengan riasan wajah juga bisa menyebabkan ruam, munculnya jerawat, dan membuat kulit tampak kusam. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close