Lintas Daerah

Awal Kemarau di DIY Diprakirakan Bulan Oktober dan November

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memprakirakan pada Agustus 2019 ini El Nino sudah meluruh menjadi netral. Diprediksi hingga akhir tahun 2019 diprakirakan pada status netral, IOD (Indian Ocean Dipole) cenderung netral, suhu muka air laut Indonesia bagian selatan lebih dingin dibanding normalnya dan peralihan angin timuran menjadi angin baratan diprediksi akan terlambat.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas, Rabu (21/8/2019) di Yogyakarta mengatakan lebih lanjut dengan kondisi itu diprakirakan musim penghujan akan datang terlambat.

“Untuk wilayah DIY secara umum musim penghujan diprakirakan mulai bulan November, kecuali wilayah Sleman bagian barat dan Kulonprogo bagian utara awal musim penghujan diprakirakan mulai Oktober,” katanya.

Sedang puncak musim penghujan diprakirakan bulan Januari – Februari.

Terhadap hal ini, Stasiun Klimatologi Mlati mengimbau masyarakat mewaspadai dampak musim penghujan antara lain terjadinya peningkatan potensi banjir dan longsor. “Juga terjadinya penurunan produksi kopi, tembakau, garam dan buah tropika serta rendemen tebu,” katanya.

Juga dimungkinkan tingginya gelombang yang dapat mengganggu aktivitas nelayan.

Di sisi lain, lanjutnya,adalah meningkatnya potensi luas tanam sawah, meningkatnya frekuensi tanam, ketersediaan air untuk pertanian dan waduk. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close