Ekonomi

Aturan Ganjil Genap Dipastikan Berlaku di Tol Jagorawi dan Tangerang

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Perhubungan memastikan rencana penerapan Ganjil-Genap akan tetap diberlakukan di Ruas Tol Jagorawi dan Tangerang.

Sesuai rencana dari Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ), uji coba akan dilakukan pada 16 April 2018 dan aturan tersebut efektif berlaku awal Mei 2018.

“Kami akan lakukan uji coba dulu, kita harus lihat apakah tiga aturan tersebut pas diterapkan di Tol Tangerang dan Jagorawi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (10/4).

Tidak hanya ganjil genap, aturan mengenai lajur khusus kendaraan umum dan pembatasan kendaraan sumbu III, IV dan V juga akan diberlakukan.

Namun, tiga aturan tersebut hanya diterapkan di ruas Tol Tangerang sedangkan diruas Tol Jagorawi tidak diberlakukan aturan pelarangan kendaraan sumbu III, IV dan V karena minimnya truk yang lewat Jagorawi.

“Untuk Jagorawi itu tidak perlu pembatasan mobil karena tidak ada kendaraan berat disana kalau di Tangerang 3 ha itu diterapkan,” kata Budi.

Sebelumnya kepada BPTJ Bambang Prihartono mengatakan ganjil genap di ruas tol Jagorawi, akan diberlakukan di pintu tol Cibubur II sedangkan di Tol Tangerang berlaku di pintu tol Kunciran II dan Tangerang II.

Pemilihan pintu-pintu tol tersebut karena paling padat diantara pintu tol lain.

“Karena traficnya cukup besar makanua diterapkan Ganjil-Genap. Harapan kami dengan pengendalian ini kinerja tranportasi bisa semakin meningkat,” kata Bambang.

Sama seperti di Tol Jakarta-Cikampek, aturan tersebut akan berlaku di Tol Cibubur mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close