Atlet Berprestasi Diangkat Jadi PNS Pekan Depan

22:30
153
Menpan RB Asman Abnur

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kabar gembira bagi para atlet berprestasi Tanah Air. Pekan depan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengangkat atlet berprestasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menpan RB, Asman Abnur mengatakan, pertengahan Januari mendatang peraturan menteri terkait pengangkatan atlet segera diumumkan.

“Kami berikan formasi untuk jadi PNS. Ini sudah hampir final, kami harapkan pertengahan nanti tepatnya 17 Januari (2018) akan kami umumkan atlet-atlet yang diberikan formasi khusus untuk menjadi PNS. Tentu ada batasan umur juga,” kata Asman di Gedung Kemenpan RB, Senayan, Senin (8/1/2018).

“Kriterianya akan kami legalkan dalam bentuk peraturan Menteri, sehingga atlet-atlet berpestasi ini punya masa depan dan bermanfaat untuk negara. Ini juga menjadi motivasi juga untuk atlet yang ada sekarang,” lanjutnya.

Terkait kuota, penentuan jumlah atlet yang diangkat tidak ditetapkan dan melihat pada kriteria yang diatur dalam Permenpan dan Permenpora.

Untuk jabatan pun, kepastian yang didapat berupa pengangkatan menjadi PNS Kemenpora.

“Tentu kriterianya adalah atlet tingkat dunia dan medali apa yang diperoleh. Jabatan pun tergantung pendidikannya, sesuai fokus nanti akan dijadikan pegawai Kemenpora dulu, setelah itu bisa didistribusikan ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan ini semoga timbul motivasi bagi atlet untuk berprestasi,” papar Asman.

Menpora Imam Nahrwai mengaku ikut senang dengan aturan ini. Dengan adanya kebijakan tersebut, lanjut Imam, atlet seluruh Indonesia akan lebih semangat dan optimistis.

“Selain bonus uang tunai nanti pun akan mendapat bonus (jadi) PNS. Ini memacu semangat berprestasi, khususnya jelang Asian Games. Momentum ini tidak boleh disia-siakan, ayo semua atlet berjuang untuk mencapai prestasi yang terbaik karena Pemerintah memberikan masa depan yang cerah bagi atlet berprestasi,” jelas Imam.

“Posisi kami lihat nanti, ada kalanya atlet masih aktif, jadi bisa saja nanti atlet itu di Pelatnas, tapi hari tertentu bekerja di kantor. Atau mungkin kembali ke daerah masing-masing,” imbuh Imam.

Pada 17 Januari mendatang, Pemerintah akan langsung mengumumkan daftar atlet yang diangkat. Pahlawan olahraga itu nantinya akan langsung memiliki NIP.

Comments

comments