Atasi Pandemi, Jokowi Minta Tinggalkan Cara Lama

Atasi Pandemi, Jokowi Minta Tinggalkan Cara Lama

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi mengemukakan, kondisi pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi Indonesia saat ini harus dijadikan momentum untuk melakukan transformasi demi kemajuan bangsa.

Jokowi mengatakan bahwa kondisi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 tidak hanya dialami oleh Indonesia saja, tetapi juga hampir seluruh negara di dunia.

Di tengah situasi tersebut, dia menyatakan bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa pejuang harus mampu mengatasi persoalan tersebut dengan kemampuan sendiri.

“Kita tidak cukup keluar dari krisis, tapi inilah momentum, inilah saatnya kita untuk melakukan transformasi. Meninggalkan cara-cara lama, membangkitkan kekuatan sendiri, serta melakukan lompatan-lompatan kemajuan,” kata Jokowi melalui tayangan virtual yang ditampilkan dalam Kongres Partai Gerindra, seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada situs resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu (8/8/2020).

Menurutnya, persoalan kesehatan dan ekonomi yang tengah dihadapi ini memberi banyak pelajaran berharga bagi Indonesia.

“Terhadap segala kekurangan yang ada, maka kita perbaiki. Terhadap segala sesuatu yang masih berjalan lamban, maka harus kita percepat,” ujarnya.

Jokowi meyakini bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan dan modal dasar yang sangat kuat untuk berdiri di atas kaki sendiri dan mengatasi persoalan tersebut secara bersama-sama.

Dia menyatakan, jumlah penduduk yang sangat besar serta penduduk dengan usia produktif yang juga besar menjadi sebuah kekuatan produktif negara yang harus dimanfaatkan.

“Saatnya kita melihat apa saja yang menjadi kekuatan negara kita untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan itu,” ucapnya.

Namun, di saat yang sama, Kepala Negara mengatakan bahwa kemampuan Indonesia untuk bertahan dan keluar dari persoalan kesehatan serta ekonomi itu amat bergantung pada perjuangan yang dilakukan oleh seluruh pihak.

“Kita harus mampu mengatasi persoalan kita sendiri, dengan cara dan kemampuan kita sendiri untuk mencapai kepentingan nasional dan mewujudkan tujuan besar bangsa kita. Semangat inilah yang harus kita terus gelorakan saat kita menghadapi situasi yang sangat sulit ini,” ujarnya.