Lintas Daerah

Asyik Mancing, Pelajar Tewas Tenggelam Dibekas Tambang Pasir

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Setelah terpeleset dan jatuh ke kolam lubang bekas galian tambang pasir biji besi di Desa Rawa Indah, seorang pelajar SD, Rizky Alpian (8) warga Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, ditemukan tewas.

“Korban terpeleset, jatuh dan tenggelam saat bersama temannya memancing di tepi kolam,” ujar Toni, warga yang ikut mengevakuasi jenazah korban, Senin (18/6/2018).

Sebelum dilakukan pencarian oleh warga, kata dia, korban yang tidak bisa berenang sempat tenggelam selama satu jam. Setelah dilakukan penyelaman ke dasar kolam yang mencapai kedalaman 5-7 meter, korban ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Kolam yang saat ini dijadikan warga sebagai kolam ikan dan pemancingan itu merupakan bekas galian tambang pasir biji besi peninggalan PT Famiaterdio Nagara, yang beroperasi pada 2008-2010 dan dipaksa berhenti oleh warga Penago Baru dan Rawa Indah karena kecemasan mereka terhadap kerusakan lingkungan pesisir.

Sejak PT Famiaterdio Nagara berhenti beroperasi, jelas dia, warga sudah meminta pemerintah daerah Seluma untuk mereklamasi bekas galian tersebut. Namun, harapan warga tak kesampain. Kini, masih ada empat kolam bekas galian tambang yang menganga bahkan ada satu yang kolam memiliki kedalaman hingga 14 meter.

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close