Ekonomi

Astra Maju dan Berkembang Karena Peran UKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Koperasi Astra International, Riza Deliansyah, mengakui, tumbuh dan berkembangnya perusahaan Astra International tidak terlepas dari dukungan para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

“Lebih dari sepuluh ribu UKM terlibat langsung dalam bisnis di Astra,” kata Riza Diansyah, pada Diskusi Membangun Peran Strategis Koperasi Karyawan di Era Milenial, yang digelar Forum Wartawan Koperasi (Forwakop), di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Dari 10 ribu UKM itu, lanjutnya, ada yang berkiprah di bidang manufaktur. Misalnya mensuplai sebagian dari knalpot sepeda motor.

“Kalau kita pilah, sebuah knalpot sepeda motor itu terdiri dari beberapa bagian, mulai bagian tabung, pipa, plat dan juga mur baut. Nah, ada bagian-bagian yang dibuat oleh UKM,” kata Riza.

UKM yang mensuplai komponen ini, lanjutnya, harus mengikuti standar mutu yang ditetapkan Astra. Sehingga tidak sembarang UKM bisa memasok kebutuhan di Astra.

Kondisi serupa, lanjutnya, juga dilakukan pada anak usaha Astra yang bergerak di bidang pertanian atau perkebunan. UKM diberdayakan untuk membantu melakukan pemupukan atau pemeliharaan tanaman.

“Astra memang maju dan berkembang bersama masyarakat,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close