Sains

Asteroid Monster Dekati Bumi Malam Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melaporkan sebuah asteroid monster berdiameter 1.800 kaki atau 550 meter bakal berpapasan dengan Bumi beberapa menit pada Jumat malam ini, 10 Januari 2020.

Bernama Asteroid 2019 UO, akan mendekati Bumi dengan kecepatan sangat tinggi sekitar 9,40 km per detik atau 21.027 mph. Pada jarak terdekatnya, asteroid ini akan mendekati Bumi dengan jarak sekitar 0,03021 unit astronomi.

Satu unit astronomi adalah jarak rata-rata dari Bumi ke Matahari atau sekitar 93 juta mil (149,6 juta km). Dengan kata lain, Asteroid 2019 UO akan mendekati Bumi dengan jarak aman atau sekitar 2,8 juta mil (4,5 juta km).

Melansir situs Express, Jumat, 10 Januari 2020, NASA telah mengonfirmasi kedatangan asteroid tersebut sejak Oktober 2019. Oleh karena itu, mereka langsung menghitung ukuran, kecepatan, dan orbit asteroid tersebut untuk menentukan apakah merupakan ancaman bagi Bumi atau tidak.

Akhirnya, NASA melabeli Asteroid 2019 UO sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya atau Potentially Hazardous Asteroid (PHA).

“Asteroid ini kami labeli sebagai yang berpotensi berbahaya. Ini diketahui dari ukuran, bentuk, massa, komposisi, dan strukturnya. Kami juga mempelajari bagaimana caranya mengalihkan asteroid atau komet agar tidak mengancam Bumi,” demikian laporan resmi NASA.

Asteroid maupun komet jarang menyerang Bumi tetapi efek gravitasi dari benda-benda asing itu di tata surya mampu mendorongnya dari lintasan Bumi.

Kendati demikian, NASA juga mengingatkan bahwa Asteroid 2019 UO akan berpapasan dengan Bumi lagi pada 18 November 2032.

“Arti jarak dekat secara astronomi bisa sangat jauh dalam istilah jarak antarmanusia. Itu bisa jutaan atau bahkan puluhan juta kilometer,” terang NASA.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close