Politik

Asrul Sani: Percayakan Pansel Cari Capim KPK

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Masyarakat diminta memberikan kepercayaan kepada Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) periode 2019-2024 untuk menyelesaikan tugasnya menyeleksi calon pimpinan KPK.

“Mari kita beri kesempatan dulu kepada pansel untuk menyelesaikan tugasnya,” kata Anggota Komisi III DPR RI Asrul Sani, di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Ia menambahkan, tentu dengan terus dikawal dan dikritisi dengan memberi masukan, bukan dengan menyalah-nyalahkan atau hanya menyorot-nyoroti saja kekurangannya.

Seleksi Capim KPK mendapat sorotan publik secara luas, harapan KPK dapat dipimpin oleh seseorang yang memiliki integritas, profesional dan independen.

Menurut Politis PPP itu, wajar kiranya publik menaruh harapan tinggi terhadap seleksi Capim KPK ini, namun publik juga perlu diajak untuk lebih komprehensif melihat KPK lebih dalam.

“Tidak semua hal seperti yang dibayangkan publik. Ada hal-hal yang memang juga perlu dikritisi untuk perbaikan ke depan,” katanya.

Asrul melihat 40 nama-nama Capim KPK yang lolos seleksi psikologi tersebut banyak yang bagus, walau mungkin ada juga yang bagus lainnya tapi tidak lolos seleksi psikologi ini.

Sebagai komisi yang membidangi hukum, Asrul mengatakan fungsi legislatif dari Capim KPK ini menunggu hasil proses seleksi tersebut.

“Posisi DPR adalah menunggu hasil proses seleksi tersebut. Yang jelas jika ternyata yang dikirim 10 orang untuk dipilih menjadi lima komsioner itu tidak memenuhi syarat atau diragukan kemampuannya oleh publik maka ya bisa saja DPR memilih kurang dari lima,” kata Arsul. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close