Nasional

Asops Panglima TNI Periksa Kesiapan Satgas Operasi Daerah Rawan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang memeriksa kesiapan operasi Satgas Yonif RK 732/Banau Jailolo, Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, terutama dalam pengamanan daerah rawan di Malut.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh prajurit untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan daerah rawan Maluku, tugas bagi seorang prajurit adalah sebuah kehormatan untuk itu tiap-tiap personel harus mengetahui tupoksi dan prosedur,” kata Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang di Ternate, Minggu (16/2/2020).

Ia menjelaskan, sasaran keberhasilan tugas operasi ini adalah merebut perhatian dan hati rakyat dengan cara menerapkan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“Yang tujuan akhirnya adalah menciptakan stabilitas keamanan yang akan berdampak positif bagi masyarakat, baik secara sosial, perekonomian, maupun kecintaan terhadap Tanah Air,” ujar Arios seperti dikutip Antara.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama Panglima TNI, Asops menyatakan bahwa Yonif RK 732/Banau telah siap melaksanakan tugas operasi.

Dalam keterangannya, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Endro Satoto mengakui bahwa Riksiap Ops merupakan bagian akhir dari serangkaian latihan penyiapan pratugas, latihan pratugas, riksiap ops tingkat korem, riksiap ops tingkat Kodam XVI/Ptm, dan ops tingkat Mabesad.

Untuk itu, di medio Maret mendatang personel Satgas Yonif RK 732/Banau siap diberangkatkan untuk mengisi pos-pos pengamanan yang tersebar di wilayah Maluku.

Sebelumnya, rombongan Asops Panglima TNI bertolak dari Pelabuhan Residen Ternate menuju Pelabuhan Jailolo. Setibanya di Mako Yonif RK 732/Banau Asops Panglima TNI dan sejumlah pejabat menerima paparan kesiapan tugas dari Danyonif RK 732/Banau Letkol Inf. Suhendar Suryaningrat. Selanjutnya, dilaksanakan apel pemeriksaan kesiapan operasi.

Dalam kegiatan tersebut, diperiksa alat perlengkapan mulai dari kendaraan angkut personel, peralatan montenering, peralatan komunikasi, alat kesehatan dan obat-obatan, bahan kontak, hingga perlengkapan perorangan, mulai dari senjata pegangan perorangan, ransel protap, dan kesiapan pengetahuan perorangan tentang tugas dan fungsi masing-masing, dari tingkat komandan hingga anggota pos.

Usai melaksanakan riksiap ops Asops Panglima TNI kemudian memberikan pengarahan kepada prajurit di Balai Prajurit. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close