ASITA Sasar Destinasi Wisata Baru

17:10
211
Wisata jemparingan (panahan gaya tradisional) di Candi Ijo

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travels Agencies) Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) akan memasarkan destinasi wisata baru yang bermunculan di berbagai wilayah di DIY.

Ketua ASITA DIY, Udhi Sudhiyanto, Selasa (12/9/2017) di Yogyakarta mengemukakan, sekarang ini sedang terjadi perubahan kunjungan wisata di wilayah DIY. Menurut dia, kalangan wisatawan yang berdatangan kini banyak yang mencari destinasi-destinasi baru. “Kunjungan tidak hanya ke Malioboro atau Prambanan saja tetapi mencari destinasi baru,” katanya.

Menurut dia, setiap tahun dapat dipastikan bermunculan destinasi wisata baru baik wisata alam maupun kuliner atau yang lainnya.

“Misalnya Telaga Biru di Semin, Gunung Kidul, Kali Biru di Kulon Progo, serta Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul,” ujarnya.

Pembukaan destinasi baru itu, menurut dia, akan memberikan banyak pilihan bagi wisatawan serta berpotensi meningkatkan lama tinggal dan frekuensi perjalanan wisata mereka.

Ia mencontohkan pada libur Lebaran yang lalu, di mana tren destinasi wisata yang paling diminati pengguna jasa travel wisata di DIY sebagian besar justru mengarah ke Gunungkidul, khususnya ke destinasi-destinasi wisata alternatif bernuansa alam.

Ia memperkirakan pada September hingga Desember 2017 pesanan perjalanan wisata di Yogyakarta meningkat 20 persen dari bulan-bulan sebelumnya. Perkiraan itu didasarkan pada tren wisatawan mancanegara, khususnya Eropa, yang kunjungannya diperkirakan melonjak hingga akhir tahun ini. (JS)

Comments

comments