Internasional

ASEAN dan Australia Minta Korut Hentikan Program Nuklir

SYDNEY, SENAYANAPOST.com  —  Korea Utara (Korut) dengan program nuklirnya menjadi perhatian khusus dan keprihatinan mendalam bagi ASEAN. Ini terungkap dalam pernyataan deklarasi di Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Australia, Sydney, kemarin.

Dalam pertemuan Negara-negara ASEAN dan Australia itu, tersirat bahwa mereka memiliki keprihatinan serius tentang meningkatnya ketegangan yang disebabkan oleh program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).

Pernyataan itu tertuang dalam sebuah deklarasi yang dibacakan pasca berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Australia Special Summit 2018, di International Convention Centre yang berada di kota Sydney.

“Kami sangat mendesak Korut untuk segera dan sepenuhnya mematuhi kewajibannya berdasarkan semua Resolusi Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa yang relevan,” bunyi deklarasi tersebut.

“Perkembangan rudal nuklir dan balistik negara tersebut mengancam keamanan regional dan global,” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (18/3).

Korut sendiri diketahui telah menyatakan tidak akan melakukan uji coba rudal dalam waktu dekat, sebagai bagian dari rencana pertemuan antara pemimpin Korut, Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Keduanya dijadwalkan bertemu untuk membahas mengenai Semenanjung Korea, termasuk denuklirisasi Korut pada Mei mendatang. Namun, sampai saat ini belum ada tanggal dan lokasi pasti dari pertemuan itu. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close