Lintas Daerah

ASDP Mulai Terapkan Tiket Kapal Uang Elektronik

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersamaan dengan ujicoba layanan kapal eksekutif dengan keberangkatan melalui dermaga premium di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung Selatan, Provnsi Lampung, juga mulai menerapkan sistem pembelian tiket kapal feri menggunakan uang elektronik di lintasan Pelabuhan Bakauheni-Merak, Rabu (15/8/2018) hari ini.

“Tahap awal penerapan sistem pembayaran nontunai berlaku bagi penumpang pejalan kaki, kendaraan roda dua, dan kendaraan roda 4 kecil (golongan IV),” ujar Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi.

Ia menjelaskan, sistem pembayaran nontunai (cashless) dalam pembelian tiket feri itu bisa didapatkan melalui empat bank milik BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Yakni uang elektronik Brizzi Bank BRI, Tap Cash dari BNI, E-Money dari Bank Mandiri, dan BLink milik Bank Tabungan Negara.

Dengan menggunakan uang elektronik ini, kata dia, pengguna jasa akan lebih mudah, cepat, aman dan nyaman dalam melakukan pembayaran saat beli tiket ferry. Durasi transaksi cashless berkisar antara 30 sampai 35 detik. Hal ini cukup singkat karena tidak ada pengembalian uang.

Ira mengharapkan, dengan metode pembayaran cashless, dapat mengoptimalkan pendapatan penyeberangan, akurasi manifest dan catatan data transaksi keuangan menjadi lebih valid.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, mengapresiasi perubahan sistem pembayaran yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). “Sistem ini diharapkan dapat membuat kita semakin terbiasa dengan transaksi digital,” ujarnya.

Penerapan sistem pembayaran nontunai yang mendukung regulasi pemerintah itu, tertuang dalam SK Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 1272/AP.005/DRJD/2018 Tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik.

“Dengan sistem digital dan nontunai ini, layanan penyeberangan semakin baik, manifest menjadi akurat, pelabuhan lebih steril, dan transparansi transaksi lebih maksimal,” jelasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close