Nasional

Asal Ngomong Soal TKA, Luhut Tegur Pejabat DPR

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku menegur pejabat DPR yang asal ngomong soal Tenaga Kerja Asing (TKA).

Namun, ketika dikonfirmasi olehnya, sang wakil ketua DPR itu belum membaca aturan yang dimaksud.

Hanya saja, Luhut tak menyebut Wakil Ketua DPR yang dimaksud. Sebagai informasi, saat ini terdapat lima orang Wakil Ketua DPR antara lain, Fadli Zon, Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, Fahri Hamzah, dan Utut Adianto.

“Saya pernah telepon Wakil Ketua DPR, ‘Tapi kamu baca perpres TKA itu?’ Dia bilang ‘Wah, belum’, saya bilang saja, kalau belum baca untuk apa komentar? Mau jadi pemimpin apa kamu?” kata Luhut, Selasa (8/5/2018).

Ia mengatakan, Penanaman Modal Asing (PMA) yang ada di Indonesia tentu akan memanfaatkan TKA demi merealisasikan investasi.

Namun kadang kala, orang Indonesia sendiri dianggapnya juga tidak mau mengambil kesempatan kerja dari investasi asing yang ada di Indonesia.

Luhut mencontohkan proyek smelter nikel hasil investasi China di Morowali. Baru-baru ini, investor proyek tersebut meminta pemerintah untuk menyetujui tambahan TKA China sebanyak 300 orang. Sang investor menyebut, tambahan TKA itu digunakan demi pengembangan proyek baru.

Luhut awalnya merasa heran. Sebab, sebelumnya investor sudah memasang iklan lowongan bagi 800 tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di Morowali. Kemudian, ia meminta penjelasan atas penambahan TKA China tersebut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close