Internasional

AS Tunda Sanksi bagi Rusia

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim tak seorang pun yang bersikap lebih keras terhadap Rusia ketimbang dirinya. Bahkan ia menjanjikan bakal menjatuhkan sanksi baru kepada Moskow, “segera setelah mereka sangat layak mendapatkannya”.

Trump juga bilang, membangun hubungan baik dengan Rusia adalah “hal yang baik, tidak buruk”. Demikian seperti dilansir Time, Kamis (19/4).

“Tidak ada yang lebih keras terhadap Rusia dibanding Presiden Donald Trump,” kata Presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut seraya mengutip peningkatan anggaran belanja militer Amerika Serikat sebagai contohnya.

Sementara itu, Trump juga turut menyerang media. “Apa pun yang saya lakukan, di media tidak pernah cukup keras, itu karena narasi mereka. Tapi Rusia akan menyampaikan pada Anda bahwa tidak ada yang lebih keras daripada Donald Trump,” katanya.

Ayah dari lima anak itu menjelaskan bahwa operasi militer gabungan Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris yang diluncurkan pada Sabtu lalu ke Suriah adalah tindakan untuk menghukum pemerintah Bashar al-Asad yang disokong Rusia. Rezim Assad dituding mendalangi serangan senjata kimia di Douma pada 7 April 2018. Donald Trump menegaskan bahwa penyerangan itu adalah “presisi mutlak”.

Sebagian orang menilai bahwa Donald Trump menghindari mengkritik Rusia, dan ia lebih memilih orang lain di pemerintahannya yang melakukannya. Namun, pasca-serangan kimia di Suriah, Donald Trump dikabarkan menunjukkan perubahan.

Meski demikian, Trump menyatakan bahwa ia akan lebih memilih menjalin hubungan baik dengan Rusia dan negara lain.

“Jika kita bisa bergaul dengan China, dan jika kita bisa bergabung dengan Rusia, dan menjalin hubungan baik dengan Jepang dan negara lainnya, itu adalah hal yang baik, bukan hal buruk. Ingat itu,” ujarnya di sela-sela pertemuannya dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

“Jika kita bergaul dengan negara lain, itu bagus, tidak buruk,” lanjutnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close