Internasional

AS Salahkan Iran atas Serangan Drone ke Fasilitas Minyak Arab Saudi

NEW YORK, SENAYANPOST.com – Amerika Serikat (AS) menuding Iran bertangungjawab atas serangan ke fasilitas minyak milik Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pihaknya akan memastikan pasar tidak terganggu akibat agresi tiu.

“Amerika Serikat akan bekerja dengan mitra dan sekutu kami untuk memastikan bahwa pasar energi tetap dipasok dengan baik dan Iran bertanggung jawab atas agresi,” kata Pompeo seperti dikutip dari AFP.

Menanggapi hal itu, Kementerian Luar Negeri Iran membantahnya dan menyebutnya sebagai tuduhan itu tidak berdasar.

“Tuduhan dan pernyataan buta dan sia-sia seperti itu tidak dapat dipahami dan tidak berarti,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi.

Sebelumnya. ladang minyak milik Saudi Aramco di Arab Saudi mendapat serangan dari pesawat tak berawak pada Sabtu (14/9/2019). Belakangan, pemberontak Houthi Yaman mengklaim jadi pihak yang bertanggung jawab atas serangan yang melibatkan 10 unit pesawat tanpa awak atau drone tersebut.

Sementara itu, Inggris meminta kelompok pemberontak Houthi Yaman harus berhenti menargetkan infrastruktur sipil dan komersial milik Saudi. Kelompok Houthi ini juga menyerang dua pabrik di jantung industri minyak Arab Saudi, termasuk fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia.

“Serangan yang sama sekali tidak dapat diterima pada fasilitas minyak di Arab Saudi pagi ini,” ujar Menteri Luar Negeri Inggris yang bertanggungjawab untuk urusan Timur-Tengah dan Afrika Utara, Andrew Murrison, seperti dilansir Reuters. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close