AS Resmi Kurangi Jumlah Pasukan di Irak dan Afghanistan ke Level Terendah

AS Resmi Kurangi Jumlah Pasukan di Irak dan Afghanistan ke Level Terendah
Pasukan AS

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Amerika Serikat resmi memangkas anggota militernya yang ditugaskan di Irak dan Afghanistan. Pengurangan kali ini bahkan sampai ke jumlah terendah.

Pengumuman disampaikan Pentagon pada Selasa (17/11). Penarikan pasukan dalam jumlah besar adalah janji Presiden Donald Trump demi mengakhiri konflik dunia yang melibatkan militer AS.

Plt Menhan AS Chris Miller mengatakan, sekitar 2.000 tentara bakal ditarik dari Afghanistan mulai 15 Januari 2021. Sementara 500 personel pasukan akan ditarik dari Irak. Nantinya di Irak dan Afghanistan akan disisakan 2.500 tentara di masing-masing negara.

“Langkah ini mencerminkan kebijakan Trump untuk membawa perang Afghanistan dan Irak ke sebuah kesimpulan yang sukses dan bertanggung jawab, dan membawa pulang para pelayan kami yang pemberani,” kata Miller seperti dikutip dari AFP.

Miller menyebut, saat ini AS sudah memenuhi tujuannya yaitu mengalahkan ISIS dan “membina sekutunya untuk untuk memimpin perang”.

“Dengan berkah dari pemeliharaan pada tahun-tahun ke depan, kami akan menyelesaikan perang pada generasi ini dan membawa pulang pria dan wanita kami,” tutur dia.