AS Bakal Kasih Rp146,5 M untuk Informasi Pendana Hizbullah

AS Bakal Kasih Rp146,5 M untuk Informasi Pendana Hizbullah
Pemerintah Amerika Serikat menawarkan hadiah uang US$ 10 juta kepada pemberi informasi tentang jaringan pendana Hizbullah. (AL ARABIYA)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Amerika Serikat (AS) menjanjikan hadiah uang hingga senilai US$ 10 juta atau setara Rp146,5 miliar bagi siapa saja yang memberikan informasi tentang jaringan pendana Hizbullah termasuk aktivitasnya.

"Kami mencari informasi tentang aktivitas, jaringan, dan mitra Hizbullah yang merupakan bagian dari pendukung keuangannya, yang meliputi meodal dan fasilitator seperti Muhammad Qasir, Muhammad Qasim al-Bazzal, dan Ali Qasir," kata Kementerian Luar Negeri Amerika dalam pernyataannya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (23/10/2020).

Menurut Amerika, Muhammad Qasir merupakan sosok penting penghubung antara Hizbullah dan Iran. Dia mengarahkan unit yang memfasilitasi pengiriman senjata dari Suriah ke Lebanon.

Qasir menjadi saluran penting untuk mencairkan uang dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran ke Hizbullah.

Al-Bazzal pendana penting lainnya bagi Hizbullah dan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

Qasir bersama Ali Qasir merupakan jaringan Hizbullah dengan perusahaan-perusahaan di bidang industri besi. Mereka disebut membantu untuk mengirimkan minyak dari Iran ke Suriah.

"Ketiga orang itu sebelumnya telah dinyatakan oleh Kementerian Keuangan Amerika Serikat sebagai teroris global," ujar Kementerian Luar Negeri Amerika.

Pemerintah Amerika menyebarkan poster tentang perburuan tiga sosok jaringan pendana Hizbullah itu di akun Twitter disertai nomor telepon yang dapat dihubungi pemberi informasi, baik melalui Whatsapp, Signal, dan Telegram.