Nasional

Arus Balik Lewat Cipali Baru 69 Persen

CIREBON, SENAYANPOST.com – Arus balik arah Jakarta yang melewati Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), menurut General Manager Operasional PT Lintas Marga Sedaya Suyitno, baru mencapai 69,04 persen dari volume total arus mudik.

“Sudah ada 365.175 kendaraan yang melintas di GT Palimanan atau 69,04 persen dari jumlah arus mudik,” katanya di Cirebon, Jumat (22/6/2018).

Kendaraan yang melintas pada arus mudik Lebaran 2018 kemarin mencapai 527.957 unit kendaraan. Meskipun masih ada 163.783 unit yang belum kembali, pergerakan lalu lintas bisa jadi akan padat atau lengang, tergantung waktu kembalinya.

“Bila terjadi bersamaan pada waktu tertentu yakni Jumat, Sabtu, atau Minggu saja, maka akan terjadi lonjakan yang signifikan yaitu kepadatan lalu lintas,” tuturnya.

Sesuai hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, lanjutnya, kemungkinan besar akan diterapkan lalu lintas searah atau “one way”.

Suyitno menambahkan untuk arus balik pada H+7 Lebaran atau Jumat ini menunjukan penurunan dan rata-rata lalu lintas ke arah Jakarta menjadi 2.688 kendaraan per jam. Sementara, untuk arah sebaliknya 533 kendaraan per jam.

“Namun, jika dikumulatif maka arus kendaraannya 11,61 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama,” katanya.

Sedangkan, untuk gardu di GT Palimanan masih diprioritaskan ke arah Jakarta dengan dibuka sebanyak 16 gardu, sementara arah Jawa hanya enam gardu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close